_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"www.ilmumanajemenindustri.com","urls":{"Home":"http://www.ilmumanajemenindustri.com","Category":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/category/manajemen-kualitas/","Archive":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/2016/11/","Post":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/sistem-manajemen-yang-wajib-diterapkan-pada-industri-manufakturing/","Page":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/daftar-isi-ilmu-manajemen-industri/","Attachment":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/sistem-manajemen-yang-wajib-diterapkan-pada-industri-manufakturing/sistem-manajemen-yang-wajib-yang-diterapkan-pada-industri-manufakturing/","Nav_menu_item":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/76/"}}_ap_ufee

10 Cara untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

10 cara untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan

10 Cara untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan – Karyawan merupakan salah satu sumber daya yang sangat penting bagi setiap perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaannya. Berbeda dengan sumber-sumber daya lainnya, Karyawan merupakan sumber daya yang sangat spesifik karena memiliki perilaku dan perasaan serta akal dan tujuan pribadi. Oleh karena itu, pengelolaan sumber daya manusia (karyawan) menjadi suatu hal yang sangat penting dalam menjalankan operasional perusahaan.

Setelah mempelajari berbagai teori-teori Motivasi, kita dapat mempraktekkan langsung Teori-teori tersebut ke tempat dimana kita bekerja. Terutama bagi kita yang berperan sebagai seorang pemimpin di suatu departemen baik yang berskala kecil maupun dalam skala yang besar. Berikut ini beberapa Tips ataupun cara untuk meningkatkan produktivitas Kerja karyawan atau bawahan kita sehingga tujuan departemen ataupun perusahaan kita dapat tercapai dengan baik dan memuaskan.

10 Cara untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

Memberikan Lingkungan Kerja yang baik untuk melakukan pekerjaan. Beberapa ahli sumber daya manusia (SDM) mengatakan bahwa Lingkungan Kerja merupakan salah satu faktor yang penting dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas Karyawan. Lingkungan kerja yang dimaksud disini dapat berupa fasilitas kerja, suasana kerja seperti kebisingan, suhu ruangan, sirkulasi udara, warna, bau serta keamanan dan keselamatan kerja.

Memberikan pelatihan yang cukup kepada Karyawan. Pelatihan ataupun Training akan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan karyawan dalam bekerja. Dengan demikian, karyawan kita juga dapat melakukan pekerjaan secara professional dan semangat dalam bekerja juga dapat ditingkatkan.

Jangan berhemat pada mesin dan peralatan kerja. Berikanlah karyawan kita mesin ataupun peralatan kerja yang tepat dalam melakukan pekerjaannya sehingga tugas yang dilakukan dapat dikerjakan secara efisien dan efektif.

Meyakinkan mereka bahwa mereka dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Mendorong mereka untuk mencari solusi sendiri terlebih dahulu. Jika benar-benar perlu bantuan, kita baru memberikan bantuan kepada mereka dalam menyelesaikan masalah. Berikan mereka tantangan dan ruang gerak yang lebih besar dalam bekerja.

Meyakinkan mereka bahwa kita selalu mendukung mereka dalam melakukan pekerjaannya. Menyakinkan mereka bahwa mereka tidak kerja sendirian, kita selalu berada di belakang mereka dan siap memberikan arahan yang tepat kepada mereka.

Tentukan Tujuan dan Target yang Jelas. Setiap Karyawan perlu mengetahui apa yang kita inginkan dari mereka. Dengan demikian, kepuasan kerja akan timbul pada saat Tujuan ataupun Target yang kita tentukan tersebut tercapai.  Tentukanlah Tujuan ataupun Target yang realistis dan yang dapat dicapai. Silakan baca artikel : Menentukan Target dengan prinsip SMART Goal.

Dengarkan mereka. Kita perlu melakukan pertemuan singkat minimal setiap minggu sekali untuk melakukan pertukaran pikiran dengan karyawan ataupun bawahan kita. Dengan demikian kita dapat mengetahui apa yang mereka pikirkan dan apa yang mereka harapkan dari perusahaan. Mungkin kita juga bisa mendapatkan ide-ide yang luar biasa dari pertemuan singkat tersebut.

Jangan pelit memberikan pujian. Setiap orang senang mendengarkan pujian. Kata-kata pujian yang tepat akan memberikan semangat kerja dan memotivasi mereka melakukan tugas menjadi lebih baik lagi. Beberapa kata yang sederhana akan membuat mereka lebih bersemangat dalam bekerja, contohnya “anda telah melakukan pekerjaan dengan sangat baik sesuai dengan harapan saya”, “saya tidak salah meletakan kamu di posisi ini, you are the right man in the right place”, “Anda telah membantu meringankan beban pekerjaan saya” dan lain sebagainya.

Merayakan keberhasilan. Saya sering melakukan hal ini, setiap Team produksi yang mencapai target yang saya tentukan, saya selalu membelikan permen maupun coklat untuk Team produksi tersebut. Dalam setahun, jika target profit perusahaan dapat tercapai, perusahaan kami akan memberikan dana yang cukup untuk melakukan outbond maupun rekreasi ke pantai.

Memberikan penghargaan secara Finansial. Memberikan Bonus kepada karyawan merupakan hal yang baik, tetapi perlu diingat bahwa karyawan yang berharap terlalu tinggi terhadap Bonus akan menyebabkan mereka cepat putus asa, hidup tegang dan kurang bahagia. Oleh karena itu, kita perlu selalu mengarahkan mereka untuk tidak terlalu melihat “jumlah” Bonus yang didapat tetapi menganggap Bonus sebagai bentuk apreasiasi perusahaan terhadap kinerja dan produktivitas yang dicapai oleh mereka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*