_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"www.ilmumanajemenindustri.com","urls":{"Home":"http://www.ilmumanajemenindustri.com","Category":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/category/manajemen-kualitas/","Archive":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/2016/11/","Post":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/sistem-manajemen-yang-wajib-diterapkan-pada-industri-manufakturing/","Page":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/daftar-isi-ilmu-manajemen-industri/","Attachment":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/sistem-manajemen-yang-wajib-diterapkan-pada-industri-manufakturing/sistem-manajemen-yang-wajib-yang-diterapkan-pada-industri-manufakturing/","Nav_menu_item":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/76/"}}_ap_ufee

Pengertian McKinsey 7s Framework dan Elemen-elemennya

Pengertian McKinsey 7s Framework dan Elemen-elemennya – McKinsey 7s Framework atau Kerangka Kerja 7s McKinsey adalah sebuah alat yang digunakan untuk menganalisis aspek Internal organisasi sebuah perusahaan dengan menggunakan 7 elemen utama yaitu Strategy, Structure, Systems, Share-values, Style, Staff dan Skills. Model Analisis McKinsey 7s ini diperkenalkan oleh Tom Peters dan Robert Waterman yang bekerja sebagai Konsultan di Perusahaan  McKinsey & Company pada tahun 1980-an. Menurut mereka, keselarasan ketujuh elemen tersebut dalam organisasi merupakan faktor kunci keberhasilan sebuah perusahaan. 

Ketujuh Elemen yang dimaksud dalam McKinsey 7s ini memiliki hubungan yang saling berketergantungan satu sama lainnya. Perubahan pada satu elemen akan mempengaruhi elemen lainnya.

Model McKinsey 7s ini dapat diterapkan pada berbagai situasi dan merupakan sebuah alat yang sangat baik dalam merancang bentuk suatu organisasi, meningkatkan kinerja organisasi, menguji faktor-faktor perubahaan pada organisasi, menyeleraskan departemen dan proses selama akuisisi dan merger serta menentukan strategi yang terbaik untuk organisasi.

7 Elemen dalam McKinsey 7s Framework

McKinsey 7s terdiri dari 7 elemen yang dibagi menjadi 2 kelompok besar,  yang pertama adalah Kelompok “Keras” atau “Hard” yang meliputi Strategy, Structure dan System. Ketiga elemen tersebut dikategorikan sebagai Kelompok “Keras” karena lebih mudah diidentifikasikan dan dapat dipengaruhi oleh Manajemen secara langsung. Sedangkan Kelompok kedua adalah Kelompok “Lunak” atau “Soft” yang meliputi Share Values, Skills, Staff dan Style. Empat Elemen tersebut dikategorikan sebagai Kelompok “Lunak”  karena tidak berwujud dan relatif sulit untuk dijabarkan serta sangat dipengaruhi oleh budaya suatu organisasi.

Pengertian McKinsey 7s Framework dan Penerapan dalam Industri

Keterkaitan antar elemen-elemen McKinsey 7s ini dapat dilihat dari gambar dibawah ini :

1. Strategy (Strategi)

Strategi merupakan suatu rumusan organsasi yang digunakan untuk mempertahankan dan membangun keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dalam persaingan. Strategi pada dasarnya memiliki arahan yang tegas dan jelas  sehingga setiap individu ataupun kelompok mengetahui dengan jelas tentang cara yang diharus digunakan untuk mencapai sasaran organisasi.

2. Structure (Struktur)

Struktur yang dimaksud disini adalah Struktur Organisasi Perusahaan yang mengatur sistem kerja, komunikasi, wewenang dan tanggung jawab serta pendelegasian tugas kepada unit kerja atau orang-orang tertentu untuk mencapai sasaran organisasi. Struktur merupakan elemen yang dapat terlihat sehingga mudah untuk mengatur ataupun mengubahnya.

3. Systems (Sistem)

Sistem di dalam McKinsey 7s ini adalah Proses dan Prosedur Perusahaan yang berisikan kegiatan operasional sehari-hari dan pembuatan keputusan dalam perusahaan. Sistem ini merupakan fokus utama manajemen apabila terjadi perubahaan organisasi dalam suatu perusahaan.

4. Skills (Keterampilan)

Skill adalah kemampuan karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan sehingga dapat berkinerja dengan baik sesuai dengan yang diharapkan sehingga dapat membantu perusahaan dalam mencapai sasarannya. Skill atau Keterampilan yang dimaksud ini juga termasuk Kapabilitas (Capabilities) dan Kompetensi (Competences).

5. Staff (Karyawan)

Staff adalah Karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Elemen Staff berkaitan dengan bagaimana karyawan tersebut diseleksi, direkrut, dilatih, dimotivasi dan dihargai.

6. Style (Gaya Kepemimpinan)

Elemen Style ini berkaitan dengan Gaya Kepemimpinan Manajemen yang digunakan dalam organisasi untuk mencapai sasaran perusahaannya.

7. Shared Values (Nilai-nilai Perusahaan)

Shared Values merupakan inti utama dari Kerangka McKinsey 7s karena berkaitan dengan nilai-nilai inti perusahaan yang menjadi budayanya. Share Values pada dasarnya adalah Standar ataupun norma-norma yang menjadi panduan perilaku bagi semua karyawan dan manajemen perusahaan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*