_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"www.ilmumanajemenindustri.com","urls":{"Home":"http://www.ilmumanajemenindustri.com","Category":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/category/manajemen-kualitas/","Archive":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/2016/11/","Post":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/sistem-manajemen-yang-wajib-diterapkan-pada-industri-manufakturing/","Page":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/daftar-isi-ilmu-manajemen-industri/","Attachment":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/sistem-manajemen-yang-wajib-diterapkan-pada-industri-manufakturing/sistem-manajemen-yang-wajib-yang-diterapkan-pada-industri-manufakturing/","Nav_menu_item":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/76/"}}_ap_ufee

Pengertian RACI Chart dan Cara Membuatnya

Pengertian RACI Chart dan Cara Membuatnya – RACI merupakan singkatan dari Responsible, Accountable, Consulted dan Informed. Metode RACI biasanya disajikan dalam Chart Matrix (Bagan Matriks) sehingga sering disebut juga dengan RACI Chart atau RACI Chart Matrix. Dalam suatu Organisasi, RACI Chart merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dan membantu pihak manajemen dalam meng-identifikasikan peran dan tanggung jawab karyawannya.  Pembagian tugas yang jelas beserta peran dan tanggung jawabnya merupakan hal yang penting dalam suatu organisasi. Ketidakjelasan peran dan tanggung jawab akan menyebabkan kebingungan yang akhirnya akan mengakibatkan berkurangnya produktivitas kerja karyawannya.

Empat Parameter RACI Chart

RACI Chart terdiri empat parameter, yaitu :

Responsible, yaitu orang yang melakukan tugas atau pekerjaan. Responsible pada dasarnya adalah pelaksana tugas.

Accountable, yaitu orang yang bertanggung jawab pada suatu tugas atau pekerjaan dan memiliki wewenang untuk memutuskan suatu permasalahan atau perkara. Accountable yang dimaksud disini pada dasarnya adalah Penanggung Jawab dan Pengambil keputusan.

Consulted, yaitu orang yang memberikan masukan, pendapat atau Kontribusi ketika diperlukan pada tugas atau pekerjaan tersebut. Consulted pada dasarnya adalah Konsultan ataupun penasehat.

Informed, yaitu orang yang perlu mengetahui tindakan dan hasil ataupun keputusan yang telah diambil.

Langkah-langkah Pembuatan RACI Chart

  1. Mengidentifikasikan proses dan fungsi pekerjaan yang diinginkan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Proses permasalahan tersebut perlu diselidiki dan dipelajari secara menyeluruh dan menetapkan objektif atau tujuan yang ingin dicapainya.
  2. Mengidentifikasikan peran dan fungsi pekerjaan yang harus dilakukan, mengidentifikasikan –pihak-pihak yang terkena dampak permasalahan tersebut dan siapa yang harus melakukan pekerjaan tersebut.
  3. Menetapkan orang yang melaksanakan tugas atau pekerjaan. Manajemen perlu menetapkan peran dan tanggung jawab untuk masing-masing individu.
  4. Mengidentifikasikan orang yang melaksanakan tugas/pekerjaan (Responsible) dan pihak-pihak yang dimasukan kedalam daftar A (accountable), C (consulted) dan I (informed). Pada Diagram RACI ini, hanya ada satu orang/pihak pelaksana. Sedangkan A, C dan I dapat terdiri dari 2 pihak atau lebih.
  5. Meninjau kembali tugas-tugas tersebut sehingga tidak terjadi penggandaan kerja dan proses.

Contoh RACI Chart

Pengertian RACI Chart dan Cara Membuatnyan

Keterangan :

  • R = Responsible
  • A = Accountable
  • C = Consulted
  • I = Informed

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*