_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"www.ilmumanajemenindustri.com","urls":{"Home":"http://www.ilmumanajemenindustri.com","Category":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/category/manajemen-kualitas/","Archive":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/2016/11/","Post":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/sistem-manajemen-yang-wajib-diterapkan-pada-industri-manufakturing/","Page":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/daftar-isi-ilmu-manajemen-industri/","Attachment":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/sistem-manajemen-yang-wajib-diterapkan-pada-industri-manufakturing/sistem-manajemen-yang-wajib-yang-diterapkan-pada-industri-manufakturing/","Nav_menu_item":"http://www.ilmumanajemenindustri.com/76/"}}_ap_ufee

Perbedaan Kepemimpinan dan Manajemen

Perbedaan Kepemimpinan dan Manajemen

Perbedaan Kepemimpinan dan Manajemen – Kepemimpinan (Leadership) dan Manajemen (Management) pada dasarnya merupakan dua konsep yang berbeda, namun kedua istilah tersebut sering digunakan seolah-olah mereka memiliki arti yang sama. Untuk membahas lebih lanjut mengenai perbedaan keduanya, mari kita cermati definisi mengenai Kepemimpinan dan Manajemen.

Menurut Gareth Jones and Jennifer George (2003:440), yang dimaksud dengan Kepemimpinan adalah proses dimana seorang individu mempunyai pengaruh terhadap orang lain dan mengilhami, memberi semangat, memotivasi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan mereka guna membantu tercapai tujuan kelompok atau organisasai. Sedangkan Definisi Manajemen menurut R.W. Griffin (1997:5-6) adalah serangkaian kegiatan (termasuk perencanaan dan pembuatan keputusan, pengorganisasian, pimpinan dan pengendalian) yang diarahkan pada sumber daya organisasi (tenaga kerja, keuangan, fisik dan informasi) yang bertujuan untuk mencapai sasaran organisasi dengan cara yang efisien dan efektif.

Dari kedua definisi tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa inti perbedaan antara Kepemimpinan dan Manajemen adalah bagaimana mereka memotivasi orang lain ataupun tim dalam mencapai sasarannya.

Seorang Pemimpin yang menjalankan fungsi kepemimpinan ini menetapkan Tujuan dan arah baru, kemudian memotivasi dan mempengaruhi anggota timnya untuk mencapai Tujuan yang ditetapkan tersebut. Seorang Pemimpin juga harus meninjau perkembangan timnya dan memastikan bahwa semua anggota Tim berada di jalur yang diinginkannya hingga mencapai tujuan yang ditetapkan. Presiden merupakan salah satu contoh yang baik dalam memerankan kepemimpinan.

Sedangkan seorang Manajer yang menjalankan fungsi Manajemen ini bertugas untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengatur bagaimana timnya mencapai tujuan yang ditetapkan. Mereka akan bertugas untuk mengatasi setiap permasalahan yang timbul dalam tim dan memutuskan solusi terbaik untuknya. Contohnya seperti seorang Manajer Sepakbola yang mengatur bagaimana timnya dapat mencapai tujuan yaitu meraih kemenangan pada setiap permainan sepakbola. Seorang Manajer Sepakbola bukanlah pemimpin karena mereka tidak menetapkan tujuan. Yang menetapkan Tujuan adalah Pemilik atau Direksi Klub sepakbola yang bersangkutan.

Perbedaan Kepemimpinan dan Manajemen berdasarkan Karakteristiknya

Berikut ini adalah kunci perbedaan Kepemimpinan dan Manajemen berdasarkan Karakteristiknya.

Karakteristik Kepemimpinan Karakteristik Manajemen
Strategik dan berorientasi pada Orang Taktikal dan berorientasi pada Organisasi
Menetapkan arah dan tujuan Merencanakan dan Mengkordinasikan Kegiatan
Memotivasi dan Menginspirasi Orang Administratif dan Menjaga kelangsungan sistem
Membentuk Prinsip Merumuskan Prinsip
Membangun Tim dan Mengembangkan Talenta mereka Mengalokasikan dan Mendukung Sumber daya Manusia
Mengembangkan Peluang Baru Pemecahan Masalah
Mempromosikan Inovasi dan penemuan baru Memastikan Kesesuaian Standar dan prosedur
Memberdayakan dan Membina Orang Memerintah dan mengarahkan orang
Perspektif Jangka Panjang Merinci Jangka Pendek

 

Pemahaman tentang perbedaan Kepemimpinan dan Manajemen ini sangat penting dalam mengoperasikan sebuah organisasi. Kepemimpinan dan Manajemen seharusnya berjalan secara beriringan. Untuk menjadi Manajer yang baik diperlukan keterampilan dalam kepemimpinan. Sedangkan untuk menjadi Pemimpin yang efektif, dibutuhkan keterampilan Manajemen untuk mencapai Visinya.

Esensi Kepemimpinan

Berikut ini beberapa esensi daripada Kepemimpinan :

Penetapan Arah – Menetapkan Visi dan Strategi-strateginya untuk merealisasikan Visi tersebut.

Penjajaran orang – Mengkomunikasikan Visi dan Strategi tersebut kepada pihak-pihak yang bersangkutan dan mempengaruhinya sehingga terbentuk Tim yang bertujuan untuk merealisasikan Visi dan Strategi yang ditetapkan.

Memotivasi – Mempengaruhi dan memberi semangat kepada timnya untuk dapat bekerjasama dan mendorong mereka untuk mengatasi segala permasalahan yang muncul sehingga Visi yang ditetapkannya dapat tercapai.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*